Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Saturday 22 April 2017

Nyeri Pinggang (LBP) Dan Sepatu High Heel

   
 Keluhan nyeri pinggang memang banyak dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat dengan berbagai latar belakang usia, jenis kelamin, pekerjaan dll. Meskipun ada kesamaan nyeri pinggang akan tetapi penyebabnya belum tentu sama karena tiap orang akan berbeda aktifitas sehingga banyak faktor yang bisa menjadikan penyebab keluhan nyeri pinggang. Penyebab nyeri pinggang yang dikarenakan aktifitas diantaranya adalah karena pemakaian sepatu bertumit tinggi (high heel) yang biasanya dikenakan oleh kaum hawa karena peraturan di tempat kerja,lingkungan pergaulan, gaya hidup atau bahkan karena sekedar gengsi saja. 

     Sepatu bertumit tinggi yang disarankan adalah maksimal 5 cm karena jika lebih tinggi dari 5 cm secara anatomis akan mempengaruhi struktur/kelengkungan dari pinggang sehingga jika bagian pinggang (lumbal) kelengkungannya bertambah atau berkurang dari ukuran normal maka sudah pasti otot-otot yang berada disekitar tulang pinggang (lumbal) juga pasti berubah ketegangannya (tonus), jika kondisi seperti ini tejadi terus menerus maka ketegangan (tonus) otot pinggang akan semakin bertambah sehingga menyebabkan kelenturan (fleksibilitas) pinggang akan berkurang, jika fleksibilitas pinggang berkurang maka  akan terjadi penekanan syaraf pada pinggang hingga timbul rasa nyeri bahkan jika nyeri pinggang ini dibiarkan atau tidak ditangani dengan tepat maka bisa menyebabkan rasa nyeri yang menjalar hingga sampai ke tungkai (kaki).

     Adalah tindakan yang kurang tepat jika seandainya penanganan nyeri pinggang seperti ini hanya dilakukan tindakan terapi di otot-otot pinggang (para lumbal) saja sebab pencetus dari ketegangan otot pinggang adalah dikarenakan pemakaian sepatu bertumit tinggi (high heel) yang lebih dari 5 cm sehingga selain dilakukan tindakan pengobatan/terapi pada pinggang juga perlu dilakukan perubahan kebiasaan memakai high heel. Karena jika kebiasaan memakai tersebut tidak diubah maka hasil terapi juga hanya akan bersifat sementara dan nyeri akan selalu kambuh berulang. 

     Cara antisipasi jika Anda mengalami kondisi seperti ini selain mengubah kebiasaan pemakaian high heel adalah menjaga kelenturan tulang belakang dengan beberapa gerakan/latihan seperti dibawah ini.



  1. Posisi duduk dengan kaki lurus kedepan dan badan condong ke belakang, lalu putar pinggang ke kanan dan kiri bergantian (gerakan ini dilakukan bergantian dan berulang-ulang)
  2. Posisi merangkak lalu gerakkan punggung ke atas dan kebawah bergantian (cat and camel), gerakan ini dilakukan berulang-ulang.

     



  3. Posisi merangkak lalu tarik pantat ke belakang semaksimal mungkin mendekati ke dua tumit (kalau bisa hingga menyentuh tumit) tahan sekitar 5-10 detik lalu kembali lagi ke posisi awal (merangkak) dan kembali lakukan berulang-ulang.



Langkah selanjutnya segera konsultasikan dengan fisioterapis guna penanganan lebih lanjut karena pengobatan untuk gangguan di tulang belakang harus dilakukan dengan tuntas agar tidak terjadi masalah lebih lanjut. Atau bisa kontak melalui telp/WA ke 081802500027 untuk keterangan lebih lanjut. Terima kasih.

















Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support