Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Friday, 5 May 2017

Latihan Pasca Ganti Sendi Panggul

     Radang sendi yang biasa disebut OA (Osteo Arthritis) selain banyak terjadi di lutut juga bisa terjadi pada semua sendi termasuk sendi panggul (Hip Joint) yang biasa disebut OA Hip. Seperti sendi lutut pada sendi panggul juga bisa terjadi penipisan tulang rawan (cartilago) sehingga jika sudah mencapai grade 3/4 dilakukan operasi penggantian sendi yang disebut AMP (Austin Moore Prothesis) yaitu penggantian kepala dari tulang paha (caput femuris) diganti dengan bahan logam tapi kelemahan dari metode ini adalah bisa terjadi ke-ausan pada acetabulum (mangkok sendi panggul),  Bipolar yaitu penggantian sendi seperti AMP akan tetapi pada kepala tulang paha (caput femuris) diberi tambahan seperti mangkok sendi yang bertujuan memperlambat ke-ausan pada acetabulumTHR (Total Hip Replacement) adalah penggantian kepala tulang paha (caput femoris) dan mangkok sendi (acetabulum) biasanya tindakan ini dilakukan jika acetabulum (mangkok sendi panggul) telah rusak/aus sehingga dilakukan penggantian total.

     Gejala OA Hip diantaranya adalah :
  1. Nyeri diselangkangan terutama jika untuk berjalan akan bertambah nyeri
  2. Duduk terlalu lama terasa nyeri di selangkangan, pantat bahkan nyeri menjalar sampai pinggang
  3. Pada pagi hari sendi panggul terasa nyeri dan kaku tapi makin berkurang jika sudah makin banyak bergerak
  4. Pantat terasa panas di dalam
  5. Pada foto rontgen didapatkan penipisan tulang rawan pada sendi panggul

     Operasi HA (Hemi Arthroplasty) bisa dilakukan dengan pembiusan melalui pinggang (spinal anaesthesi) dan jika ini dilakukan maka pasien tidak diperbolehkan duduk sebelum 24 jam dari operasi tapi gerakan/latihan di bed harus dilakukan sesegera mungkin atau dalam bahasa medis disebut bed exercise (latihan diatas tempat tidur) berupa gerakan angkat pantat (bridging), tekuk lutut dan paha (khusus untuk paha maksimal 60 derajat), menggeser kaki ke samping dll. Jika pasien sudah duduk maka dianjurkan duduk maksimal 60 derajat tapi ada dokter dengan metode irisan depan (anterior) maka bolah duduk tegak (90 derajat), kaki yang dioperasi juga tidak boleh rapat (adduksi) yaitu kaki yang dioperasi tidak boleh mendekati kaki yang tidak dioperasi, kaki yang dioperasi tidak boleh diputar ke dalam (endorotasi).

     Hari ke-2 pasca operasi boleh duduk di tepi bed (ongkang-ongkang) tapi dengan posisi badan sedikit doyong kebelakang sehingga sendi panggul maksimal membentuk sudut 60 derajat. Dilanjutkan dengan berdiri berpegangan alat bantu (biasanya walker) untuk melatih keseimbangan dan sebagai persiapan pasien untuk latihan berjalan.

     Hari ke-3 pasca operasi pasien berlatih jalan dengan menggunakan alat bantu berupa walker dimana saat jalan kaki yang dioperasi boleh menapak sebagian (10% berat badan) atau ada juga dokter SpOT yang menganjurkan menggantung alias Non Weight Bearing (NWB).

     Saat pasien sudah diijinkan pulang ke rumah maka sebaiknya sering berlatih jalan sehingga aktifitas sehari-hari bisa dilakukan semandiri mungkin tidak dibantu orang lain kecuali beberapa aktifitas yang tidak mungkin dilakukan sendiri. Untuk buang air besar (BAB) dilakukan pada posisi duduk di closet atau bisa juga dengan membuat kursi yang tengah diberi lobang (jika tidak mempunyai WC duduk). 






Share:

6 komentar:

  1. saya pasien THR, setelah operasi setahun lalu di Rs.Pelni, saya merasa sering sakit sampai ga kuat jalan, pada alat yang dipasang terasa sakit.Apa ini kegagalan???
    Kalau duduk di bangku yang agak rendah langsung kumat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Terima kasih atas atensinya.
      Penyebab nyeri pada bekas operasi bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan diantaranya adalah kekuatan oto di sekitar sendi belum kembali sepertk semula. Ada beberapa cara latihan untuk menguatkannya. Silahkan WA saya di 081802500027 nanti akan saya pandu beberapa latihan yang tujuannya menguatkan otot² postural.

      Delete
  2. Ibu saya sudah umur 80 tahun sendi pinggul pecah akibat terjatuh, apakah masih bisa operasi penggantian sendi pinggul

    ReplyDelete
  3. Ibu saya sudah umur 80 tahun sendi pinggul pecah akibat terjatuh, apakah masih bisa operasi penggantian sendi pinggul

    ReplyDelete
  4. Insya Alloh masih bisa dilakukan operasi meski usia lanjut

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support