Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Wednesday 5 April 2017

Nyeri di Pangkal Paha Depan/Selangkangan

   
 Aktifitas manusia memang mayoritas menggunakan tungkai/anggota gerak bawah untuk mendukung gerakan apapun misal dalam posisi berbaring terlentang kita akan berpindah posisi ke miring maka kaki (tungkai mulai dari pangkal paha sampai ujung jari kaki) pasti juga ikut melakukan gerakan selain tubuh tentunya, jika saat kita akan berpindah posisi dari terlentang ke miring sambil mengangkat kaki terkadang ada rasa tidak nyaman (nyeri) pada pangkal paha depan/selangkangan, gerakan saat kita akan bangkit dari duduk ke berdiri sebaliknya terkadang juga ada rasa nyeri (nyeri) pada pangkal paha depan/selangkangan, saat kita berjalan sudah pasti sepanjang tungkai pasti juga akan melakukan gerakan bergantian dan juga kadang ada rasa tidak nyaman (nyeri) pada pangkal paha depan/selangkangan. Semua contoh diatas adalah kasus yang tidak jarang terjadi di masyarakat sehingga rasa nyeri tersebut bisa mengganggu gerakan aktifitas kita dalam transfer (berpindah tempat) ataupun saat ambulasi (bergerak). 
     Kasus ini mayoritas orang tidak menyadari/tidak ingat ada aktifitas apa sebelumnya hingga menyebabkan rasa nyeri itu timbul. Kebanyakan orang tidak menganggap hal ini serius atau hanya dianggap hal sepele yang dikira akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Memang pendapat seperti ini tidak salah akan tetapi juga tidak sepenuhnya benar karena rasa nyeri yang terjadi di otot yang terlalu capek setelah beraktifitas berat juga seringkali menimbulkan rasa nyeri di selangkangan. Jika rasa nyeri dikarenakan otot yang terlalu capek maka akan berangsur menurun hingga hilang total rasa nyeri tersebut. Akan tetapi jika rasa nyeri itu tidak hilang selama beberapa hari bahkan semakin bertambah berarti rasa nyeri itu bukan disebabkan oleh otot yang kecapekan. Nyeri yang terjadi di selangkangan bisa dikarenakan ada masalah dengan tulang belakang khususnya pinggang ruas ke 1-3 (VL1-3). Faktor pencetus cidera di pinggang ruas 1-3 bisa dikarenakan antara lain : 
  • Pernah jatuh dalam posisi terduduk
  • Mengangkat benda dalam posisi yang tidak ergonomis misal dengan posisi membungkuk
  • Pernah terjadi benturan di pinggang bagian atas (misal kecelakaan lalu lintas tertabrak dari belakang)
  • Cidera saat berolah raga pada punggung (benturan dengan lawan saat sepak bola, memaksa mengambil bola yang sudah terlalu jauh pada olah raga tenis atau badminton, mendarat denga tidak sempurna setelah meloncat misal volly dll).
  • Ada riwayat TBC di tulang belakang → Jika ini terjadi maka sebaiknya secepatnya konsultasi dengan dokter spesialis tulang belakang.
     Jika salah satu contoh diatas pernah terjadi pada Anda maka segera lakukan langkah untuk konsultasi dengan fisioterapis Anda kecuali contoh terakhir segera konsultasi dengan dokter keluarga Anda. Selama ini memang olah raga yang cocok untuk kasus tulang belakang adalah berenang dan bersepeda tapi dengan posisi yang tegak seperti menggunakan sepeda lipat atau sepeda statis (jangan sejenis MTB atau sepeda balap). Dengan penanganan yang tepat, cepat, dan akurat maka hasil yang di dapat juga akan lebih cepat sembuh dan waktu lebih singkat serta biaya yang tidak terlalu besar alias ekonomis/irit.
Bisa kami bantu konsultasi via WA 081802500027. Terima kasih.







Supported by 3ksolo.blogspot.com
Share:

2 komentar:

  1. terasa nyrei di pantat kiri sama di kaki disaat gerak,rubah posisi apalagi kalo batu duduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada masalah di sendi panggul yang menyebabkan rasa nyeri seperti itu. Bisa konsultasi ke fisioterapis terdekat atau lanjut WA 081802500027. Terima kasih

      Delete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support