Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Tuesday 28 March 2017

Nyeri dan kaku Lutut Saat Bangun Tidur

     Ada keluhan yang sering kali dirasakan oleh sebagian orang yaitu nyeri lutut hanya saat bangun tidur pagi disertai rasa kaku tapi seiring berjalannya waktu meskipun beberapa jam kemudian nyeri tersebut hilang tapi keluhan ini akan selalu terulang setiap pagi bahkan dari hari ke hari rasa nyeri itu semakin bertambah  dan juga semakin bertambah pula waktu kambuhnya misalkan pada awalnya rasa nyeri saat bangun tidur hanya terasa sampai 2 jam saja akan tetapi akan bertambah menjadi 3 jam, 4 jam bahkan seharian akan terasa nyeri. Jika ini terjadi maka sebaiknya kita telusuri beberapa saat ke belakang apakah ada riwayat cidera (jatuh, terkilir, terbentur, terinjak oleh orang lain dll) jika ternyata tidak ada riwayat cidera maka tidak menutup kemungkinan nyeri tersebut adalah hasil rujukan dari ruas tulang belakang segmen L5-S1 (Lumbal ke-5 dan Sacrum) atau bisa juga disebut tulang pinggang ruas ke-5 dan tulang ekor. 
     Jika hal seperti ini terjadi maka sebaiknya yang dilakukan tindakan pengobatan/terapi adalah pada bagian pinggang sebab jika yang dilakukan tindakan pada area lutut maka seandainya ada penurunan nilai nyeri maka nyeri itu akan selalu timbul kembali keesokan harinya dengan kualitas nyeri yang bertambah. Memang tidak semua kasus nyeri dan kaku lutut bisa dilakukan tindakan terapi dari pinggang akan tetapi kenyataan yang sering terjadi di masyarakat adalah demikian bahkan kasus nyeri dan kaku lutut yang disebabkan oleh lutut itu sendiri sebenarnya tidak sebanyak yang disebabkan dari pinggang.
     Cara mengatasinya untuk sementara waktu adalah sebagai berikut :
  1. Lakukan senam pinggang 2x sehari seperti gambar berikut ini sebanyak 10x pengulangan kanan dan kiriSebaiknya dilakukan ditempat yang datar dan tidak terlalu lunak misal di lantai memakai matras/karpet atau di atas kasur yang terbuat dari kapas (bukan spring bed atau busa)
  2.  Lakukan gerakan untuk lutut seperti gambar berikut ini 3x sehari sebanyak 30x pengulangan bahkan boleh dilakukan lebih
  3. Sebaiknya (jika bisa) lakukan olahraga berenang minimal 1x/minggu
  4. Lakukan olah raga bersepeda setiap hari selama 30 menit menempuh rute jalan datar (jangan rute jalan menanjak). Adapun sepeda yang digunakan sebaiknya tidak dengan posisi membungkuk (sepeda MTB, sepeda balap) tapi dengan posisi tegak misal sepeda lipat karena dengan posisi membungkuk meskipun sedikit akan menyebabkan masalah dengan tulang pinggang (lumbal) karena dalam kasus ini sudah ada "masalah" dengan pinggang Anda. Bisa juga menggunakan sepeda statis.
  5. Secepatnya konsultasi ke Fisioterapis Anda agar segera mendapat tindakan sedini mungkin sehingga hasil yang didapatkan lebih baik.

    Demikian artikel ini saya tulis semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar atau bisa lewat e-mail saya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.














Share:

2 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini,akam kami kunjungi web Anda.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support