Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Thursday 23 March 2017

Nyeri siku (Tenis' elbow)

    
     Beberapa pasien datang ke tempat praktek tenaga kesehatan dengan keluhan adanya nyeri di siku yang datang secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya dengan pasti atau pasien tidak ingat dengan tepat apa aktifitas yang menyebabkan siku menjadi nyeri yang tidak tertahankan terutama saat digunakan untuk mengangkat benda dengan tangan yang nyeri tersebut, misalnya tidak mampu mengangkat gayung saat mandi yang penuh dengan air atau tidak mampu mengangkat tangan saat akan menyisir rambut bahkan ada yang merasakan nyeri luar biasa saat siku ditekuk, intinya segala bentuk gerakan tangan yang melibatkan adanya gerakan menekuk siku (menggosok gigi, memasukkan makanan ke dalam mulut, merias wajah sendiri dll). Bahkan jika sudah terjadi nyeri yang luar biasa maka tidak jarang akan terbangun pada malam hari saat tidur atau bahkan siku sendiri akan terasa sangat sensitif meski hanya tersentuh sedikit saja sudah terasa nyeri. Kasus ini seringkali didiagnosa sebagai Tenis' elbow (siku pemain tenis) karena gerakan untuk meluruskan siku akan merasa sakit seperti gerakan seorang pemain tenis dalam melakukan pukulan back hand ini kebalikan dari Golfer's elbow. Meskipun pada kenyataannya justru sering terjadi pada orang yang tidak bermain tenis dari pada pemain tenis atau orang dengan hobi olah raga tenis. 
     Lokasi nyeri bisa terjadi pada sisi siku sebelah luar dekat tonjolan tulang siku yang dalam bahasa medis disebut epicondylus lateralis, cara melakukan test kondisi ini adalah dengan menggerakkan lengan ke arah dalam dengan jari menggenggam dan siku diluruskan maka akan terasa nyeri pada siku sisi luar. Jika gerakkan ini terasa nyeri maka menunjukkan bahwa benar sisi siku luar ada masalah tapi kebanyakan kasus yang saya temui di lapangan sebenarnya siku itu sendiri bukanlah penyebab utama timbulnya nyeri meski rasa sakit berasal dari siku tersebut. Sebenarnya rasa nyeri itu adalah nyeri rujukan yang berasal dari daerah tulang belakang dada atau disebut Vertebrae Thorakal ruas ke 1-3 (VTh1-3)
     Cara mengetahui penyebab asal nyeri siku itu cukup mudah, lakukan langkah-langkah berikut ini (misal siku kanan yang  terasa nyeri) :
  1. Posisi duduk atau berdiri
  2. Leher menengadah ke atas maksimal
  3. Lakukan gerakkan tangan kanan yang semula nyeri (misal gerakkan memasukkan makanan ke mulut)
  4. Atau lakukan gerakkan lain yang anda rasakan nyeri
Jika dengan langkah-langkah diatas menyebabkan nyeri siku anda menjadi berkurang atau bertambah berarti nyeri siku anda sebenarnya disebabkan dari tulang belakang Vertebrae Thorakal ruas ke 1-3 (VTh1-3). Segera konsultasi ke Fisioterapis terdekat atau untuk tindakan mengurangi nyeri sementara waktu silahkan lakukan hal berikut ini :
  1. Posisi duduk, kepala menunduk hingga dagu menyentuh dada lalu gerakkan leher ke kanan 3x bergantian ke kiri 3x
  2. Lakukan penekanan dengan jari pada daerah tengkuk (saat kita menunduk maka ada tulang disekitar leher yang paling menonjol) dengan gerakan dari bawah ke atas berulang-ulang. 
  3. Tidur tengkurap dan minta orang lain untuk menekan otot yang berada di sisi kanan kiri tulang belakang daerah antara tulang belikat (scapula) dengan gerakan melintang (ke kanan dan ke kiri) berulang-ulang
Setelah itu coba rasakan apakah ada rasa nyeri yang berkurang pada siku anda (meskipun sedikit). Tetap lanjutkan gerakan diatas sebagai pertolongan pertama sebelum anda mendatangi Fisioterapis anda 
Sebaiknya segera konsultasi dengan Fisioterapis anda sebelum nyeri bertambah hebat.

Share:

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support