Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Saturday 6 April 2019

Latihan di rumah pasca operasi ganti sendi panggul

Latihan Pasca Operasi Ganti Sendi Panggul Setelah di Rumah


     Pasien yang telah pulang ke rumah setelah operasi ganti sendi panggul (AMP, Bipolar, THR) maka saat berada dirumah sangat diharapkan mampu melakukan aktifitas sehari-hari dengan bantuan seminimal mungkin dari anggota keluarga, misal : berjalan ke teras untuk berjemur, berjalan ke ruang makan, berjalan ke kamar mandi dll. Karena dengan bergerak secara mandiri maka akan membantu proses pemulihan kondisi setelah dilakukan operasi. Dan pasien yang sudah selesai dilakukan operasi maka sebaiknya mematuhi jadwal kontrol ke dokter yang melakukan operasi secara rutin hingga dokter menyatakan sudah tidak perlu kontrol lagi atau dokter biasanya akan mengatakan hanya kontrol saat dirasa ada keluhan saja.

     Setelah diatas 6 minggu dari operasi maka pasien akan dianjurkan untuk latihan menumpu berat badan sebagian (sekitar 10-30 % berat badan) dan akan boleh menumpu 50% berat badan setelah diatas 12 minggu dari operasi, akan tetapi semua itu juga berdasarkan hasil evaluasi dari kontrol rutin yang dilakukan karena kondisi setiap orang berbeda terutama jika usia sudah diatas 50 tahun. (Latihan cara menumpu berat badan 10 %, 30 %, 50 % dan lepas satu tongkat/kruk kami bahas di artikel yang lain.)

     Pada kondisi pasca operasi ini yang sangat berperan penting dalam proses pemulihan kondisi hingga bisa berjalan mandiri tanpa alat bantu adalah otot-otot yang terletak disekitar sendi panggul yang telah dioperasi (otot pantat, otot paha, otot pinggang) yang berfungsi sebagai penguat sendi saat berjalan dan menumpu berat badan 100 %. Banyak pasien yang mengatakan tidak bisa berjalan normal seperti sebelum operasi karena merasa kaki masih sakit, kaki terasa lemah, berjalan tidak bisa tegak alias pincang, masih ada rasa nyeri disekitar sendi yang dioperasi, masih ada rasa nyeri di pantat dll. Semua keluhan itu sangat dipengaruhi oleh kekuatan otot yang belum pulih setelah beberapa minggu tidak digunakan untuk menumpu berat badan karena selama berlatih menggunakan alat bantu (kruk, walker) kaki yang dioperasi tidak untuk menumpu badan sehingga otot-otot menjadi mengecil (athrophy). Hingga diperlukan beberapa latihan yang berfungsi untuk mengembalikan kekuatan otot-otot tersebut.

Latihan untuk otot-otot sekitar sendi panggul (dilengkapi dengan foto) :


  1. Posisi tidur miring dengan kaki yang dioperasi berada diatas. Buka kaki ke atas sekitar 45 derajat atau semampunya. Fungi latihan ini adalah untuk penguatan otot paha samping sisi luar dimana saat kita berjalan maka panggul harus dikunci oleh otot ini agar tidak bergerak/goyang.
  2. Posisi tidur tengkurap. Ada 2 cara yaitu dengan posisi lutut lurus dan lutut ditekuk sekitar 90 derajat. Angkat paha ke atas hingga terangkat dari alas tidur

  3. Posisi terlentang . Ada 2 cara dengan posisi satu lutut ditekuk dan lutut lurus. Lalu angkat kaki yang dioperasi sekitar 45 derajat atau semampunya.



Dari semua latihan diatas sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan dan dengan hitungan yang sama untuk setiap posisi (terlentang, miring, tengkurap). 

     Demikian beberapa jenis latihan yang kami sampaikan dalam artikel ini dan semoga bermanfaat.
Bila ada yang kurang jelas silahkan kontak kami via Telp/WA 081802500027. Terima kasih.
Share:

1 komentar:

  1. Terimakasih sangat membantu, semoga mempercepat penyembuhan.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support