Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Sunday 15 September 2019

Nyeri Pinggang dan Punggung Karena Olah Raga

Nyeri Punggung Karena Olah Raga dan Aktifitas Berat



     Kesehatan dan waktu luang adalah 2 nikmat dari NYA yang sering membuat kita lupa bersyukur akan tetapi jika salah satu dari nikmat itu (kesehatan) hilang maka kita baru sadar bahwa semua tidak ada artinya jika tubuh ini sakit. Memang banyak cara untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat, diantaranya dengan melakukan olah raga. Semua jenis olah raga bagus untuk kita lakukan sesuai dengan keinginan/hobby/situasi/lokasi karena tiap jenis olah raga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun saat melakukan olah raga juga perlu kita ketahui bahwa pasti ada faktor resiko terjadi cidera meskipun dengan tingkat kemungkinana yang berbeda. Begitu juga aktifitas sehari-hari yang mayoritas menggunakan fisik juga ada resiko terjadi cidera. 
       Semua kegiatan olahraga terutama jenis olah raga bersifat kompetisi sebaiknya didahului dengan pemanasan/peregangan yang cukup dan juga menggunakan tekhnik yang benar untuk menghindari resiko

cidera. Karena seorang atlet yang sudah profesional terkadang juga mengalami masalah dengan tulang belakang dan jaringan lunak (otot, ligamen, tendon, kapsul sendi, bantalan sendi/meniscus) disekitarnya selain karena efek pertandingan yang berat juga bisa disebabkan saat latihan yang berlebihan hingga ada kelelahan otot (over used). 
       Cidera di tulang belakang dan jaringan lunak disekitarnya bisa terjadi di semua ruas tulang (tulang leher sampai tulang ekor) tergantung dari penyebab cidera tersebut. Dan jika sudah terjadi cidera di sekitar tulang belakang maka tidak menutup kemungkinan juga akan menyebabkan adanya rasa nyeri pada tempat lain yang disyarafi oleh ruas tersebut. Seperti kondisi yang pernah dialami oleh seorang Juara kelas straw wanita One Pride MMA, Linda Darrow. Fighter cantik ini pernah mengalami rasa nyeri di pinggang yang menjalar hingga ke paha belakang, rasa nyeri ini didapat saat melakukan latihan untuk persiapan pertandingan selanjutnya. Namun cidera ini tidak berkepanjangan karena setelah dilakukan tindakan Fisioterapi cidera tersebut sudah dapat diatasi dan sudah siap bertanding lagi. 
Begitu juga dengan seorang fighter MMA lainnya, sebut saja Brianata "The Farmer" Rosadi. Fighter ganteng ini juga pernah mengalami keluhan rasa yang tidak nyaman di sekitar punggung hingga pinggang, penyebab keluhan ini bisa disebabkan karena program latihan yang cukup berat untuk persiapan berbagai pertandingan. Hingga pada akhirnya terjadi akumulasi/penumpukan kelelahan otot yang belum recovery/pemulihan dengan sempurna namun sudah di tambah latihan yang berikutnya.
        Dua fighter MMA diatas hanya sebagian kecil contoh yang terjadi di masyarakat karena masih banyak macam penyebab yang bisa menjadi pemicu adanya masalah di tulang belakang. Cara kita duduk yang kurang tepat, posisi menggunakan laptop yang tidak tepat, posisi mengangkat benda yang tidak benar dll bisa menjadi penyebab rasa nyeri di tulang belakang bahkan bisa menjadikan adanya rasa nyeri di tempat lain (lutut, tumit, telapak kaki, siku, bahu, pergelangan tangan, jari tangan/kaki dll) atau yang biasa disebut sebagai nyeri rujukan/nyeri alih (referred pain). 
        Jika sudah terjadi keluhan di punggung maka bisa kita lakukan beberapa gerakan senam yang cukup membantu untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. 
1. Duduk dengan kaki lurus, badan doyong ke belakang sekitar 60 derajat. Gerakkan tubuh memutar ke kanan dan ke kiri bergantian semaksimal mungkin sesuai kemampuan kita. 
2. Berbaring terlentang, tekuk lutut kiri sambil dipegang tangan kanan lalu tarik lutut memutar ke arah kanan menggunakan tangan kanan hingga lutut menyentuh alas tidur (atau semampunya). Tekuk lutut kanan sambil dipegang tangan kiri lalu tarik lutut memutar ke arah kiri menggunakan tangan kiri hingga lutut menyentuh alas tidur (atau semampunya).

Dua gerakan tersebut cukup membantu untuk meredakan rasa nyeri di tulang belakang yang disebabkan oleh ketegangan otot yang berlebihan/kelelahan otot (over used). 
       Jika masih ada keluhan lain yang berkaitan dengan kondisi tulang belakang bisa kontak kami di 081802500027. Terima kasih








Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support