Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Friday 5 May 2017

Laihan Pasca Operasi Ganti Sendi Lutut

   
 OA (Osteo Arthritits) adalah suatu diagnosa medis pada pasien yang mengalami masalah pada sendi yang mengalami peradangan dimana tulang rawan (cartilago) telah mengalami kerusakan (degenerasi). OA dapat terjadi pada semua sendi tanpa terkecuali diantaranya sendi lutut, panggul, tulang belakang, bahu, siku dll. Kebanyakan yang terjadi di masyarakat adalah OA yang terjadi pada sendi lutut dan panggul (Hip joint) tapi banyak juga yang terjadi pada sendi lain akan tetapi jumlahnya tidak sebanyak pada lutut dan panggul. Gejala OA lutut yang mayoritas terjadi adalah :
  1. Nyeri lutut terjadi secara tiba-tiba tanpa didahului adanya riwayat trauma/cidera/benturan pada lutut.
  2. Pagi hari terasa lebih kaku dan nyeri akan tetapi semakin sing akan semakin berkurang bahkan pada awal gejala nyeri hilang jika untuk bergerak
  3. Lutut bengkak dan terasa panas/hangat bila diraba panas.
  4. Pada foto rontgen sudah terjadi penipisan tulang rawan (cartilago)
Bila minimal tiga tanda diatas sudah terjadi maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter/Fisioterapi agar segera diambil tindakan yang tepat.
     Akan tetapi jika kerusakan sendi sudah terjadi grade 3 atau 4 maka sebaiknya dilakukan tindakan operasi penggantian sendi lutut yang disebut TKR (Total Knee Replacement) karena dengan adanya penggantian sendi lutut maka nyeri yang disebabkan karena adanya gesekan kedua tulang rawan tidak terjadi lagi sehingga nyeri tidak mungkin terjadi karena sendi sudah digantikan oleh logam.
     Tahapan latihan yang dilakukan setelah operasi TKR hari ke-1 adalah segera lakukan gerakan pada anggota tubuh yang tidak dioperasi sesegera mungkin (tarik nafas dalam, gerakkan kedua tangan, gerakkan lutut yang tidak dioperasi), sebelum 24 jam tidak dianjurkan duduk karena efek bius yang biasanya dilakukan dokter anaestesi (dilakukan injeksi di pinggang/spinal anaestesi) akan hilang setelah 24 jam pasca operasi tapi gerakan tubuh miring kanan/kiri sangat dianjurkan secara bergantian. Setelah 24 jam maka boleh duduk tegak, gerakkan lutut yang dioperasi (tekuk lutut) secara bertahap meskipun sakit tidak akan merubah hasil operasi justru harus sesegera mungkin digerakkan agar sendi lutut yang kaku bisa dicegah. Hari ke-2 pasca operasi boleh duduk di tepi tempat tidur sambil lutut menjuntai ke bawah (ongkang-ongkang) dan gerakkan mengayun ke depan. Akan lebih baik dilanjutkan turun bed/ berdiri berpegangan alat bantu (walker/kruk). Hari ke-3 berjalan jalan menggunakan alat bantu (walker/kruk) bisa dengan kaki menggantung (non weight bearing/NWB) atau menapak sebagian (partial weight bearingPWB) tergantung dokter SpOT yang bertindak sebagai operator (dokter yang mengoperasi) karena ada dokter yang menyarankan PWB ataupun NWB.
     Setelah pasien diperbolehkan pulang maka latihan mandiri atau bersama Fisioterapi sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan operasi yang telah dijalani. Menekuk lutut dan penguatan otot-otot paha adalah tindakan yang sangat penting untuk dilakukan pasca operasi TKR. Memang latihan tersebut terasa nyeri akan tetapi tidak akan berbahaya bagi hasil operasi maupun luka jahitan jika dilakukan sesuai petunjuk Fisioterapi. 
     Menapakkan kaki yang dioperasi bisa dilakukan sesuai petunjuk dokter operator (dokter SpOT) yang biasanya dilakukan bertahap setelah 21 hari dari operasi, mulai dari menapak 10%, 30%, 50% hingga 100% alias sudah lepas alat bantu. Selamat berlatih dan semoga lekas sembuh.











Share:

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support