Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Sunday, 29 September 2019

Cidera di Tulang Kering (os tibia)

Nyeri di Tulang Kering ( Os Tibia )



       Tulang kering (tulang pada kaki bawah/tungkai bawah/tulang tibia) terkadang timbul rasa nyeri yang tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya akan tetapi tidak jarang timbulnya rasa nyeri itu karena adanya benturan. Kadang kita berjalan di dalam rumah namun tidak sengaja kaki terbentur kursi, kaki meja atau bahkan saat kita turun dari sepeda motor tidak sengaja terbentur foot step. Namun tidak jarang kondisi seperti ini juga terjadi pada saat kita melakukan olahraga seperti cidera yang dialami oleh seorang striker sepak bola Tinton Suharto. Striker yang tinggi, ganteng dan gagah ini mengalami benturan dengan kaki lawan saat pertandingan dan mengalami memar di tulang kering (tibia) yang mengakibatkan bengkak sehingga ada rasa tidak nyaman (nyeri) untuk berjalan apalagi berlari. Striker yang pernah bermain untuk untuk beberapa klub ini (diantaranya PERSIS Solo, PSIM Jogja, Perserang Serang) bercerita sudah satu minggu mengalami benturan dengan lawan akan tetapi masih saja ada rasa nyeri di tulang kering bahkan menjadi bengkak di lokasi benturan dan tidak bisa bermain dengan optimal karena adanya rasa nyeri di tulang kering. Tinton Suharto selain sebagai pemain bola juga merupakan anggota CPM (Corps Polisi Militer) Angkatan Darat kemudian mengunjungi fisioterapis untuk melakukan tindakan terapi. Setelah kunjungan pertama sudah terjadi penurunan rasa nyeri yang signifikan dan mulai bisa berlatih kembali secara bertahap untuk proses rehabilitasi serta mengembalikan performa di lapangan hijau.

        Jika ada kejadian yang seperti ini maka langkah pertama adalah melakukan kompres dingin (es atau air es) dan segera hentikan aktifitas untuk istirahat. Jika benturan yang terjadi cukup keras dan lebih dari 3 hari masih terjadi bengkak atau bahkan bertambah bengkak maka tidak ada salahnya segera lakukan foto rontgen untuk memastikan apakah ada masalah dengan tulang kering tersebut. Jika setelah di foto rontgen ternyata tidak ada masalah dengan tulang berarti hanya otot yang mengalami cidera. 

Jika masih ada rasa nyeri untuk berjalan atau nyeri untuk gerakan pergelangan kaki lakukan gerakan berikut ini :
  1. Posisi duduk dengan kedua kaki lurus dan badan condong ke belakang.
  2. Gerakkan tubuh memutar ke kanan dan ke kiri bergantian secara perlahan hingga terasa otot pinggang terulur maksimal (tahan 5 hitungan)
  3. Ulangi beberapa kali 


Kemudian lakukan gerakan berikut ini :
  1. Posisi berbaring terlentang 
  2. Lutut kiri ditekuk dan dipegang oleh tangan kanan
  3. Tarik lutut kiri menggunakan tangan kanan hingga pinggang berputar ke kanan semaksimal mungkin (sesuai kemampuan Anda)
  4. Lutut kanan ditekuk dan dipegang oleh tangan kiri
  5. Tarik lutut kanan menggunakan tangan kiri hingga pinggang berputar ke kiri semaksimal mungkin (sesuai kemampuan Anda)
  6. Ulangi beberapa kali

Setelah itu cobalah untuk berjalan apakah rasa nyeri sudah berkurang atau masih belum berkurang sama sekali. Jika masih ada rasa nyeri yang belum berkurang sama sekali silahkan konsultasi dengan fisioterapis terdekat di kota Anda atau silahkan kontak kami via telp/WA 081802500027.













Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support