Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Friday 31 March 2017

Kaku bahu/ Frozen Shoulder

     Kondisi kaku pada bahu atau dalam diagnosa medis sering disebut Frozen Sholuder adalah suatu kondisi dimana bahu mengalami keterbatasan gerak ke segala arah dengan disertai rasa nyeri pada setiap gerakan (mengangkat ke depan/fleksi, mengangkat ke belakang/ekstensi, membuka/abduksi, menutup/adduksi, memutar/rotasi) meskipun setiap arah mempunya keterbatasan sudut yang berbeda. Kondisi Kaku Bahu/Frozen Shoulder ini dapat terjadi pada semua orang tanpa memandang jenis kelamin, usia, ras, jenis pekerjaan, letak geografis tempat tinggal. Kasus Frozen Sholuder ini disebut idiopatik (tidak diketahui penyebabnya) sebab penyebab secara pasti memang belum diketahui hingga saat ini. Dalam penulisan kali ini akan saya coba menjelaskan sedikit mengenai kemungkinan mekanisme terjadinya Kaku Bahu/Frozen Shoulder bedasarkan dari hasil temuan dan analisa di lapangan.
     Pasien yang datang dengan keluhan adanya nyeri dan kekakuan dibahu jika dilakukan anamnesis/tanya jawab pasti akan bercerita pada awalnya pernah terjadi rasa nyeri didaerah sekitar lengan atas (pundak/bahu), nyeri di leher, nyeri di daerah sekitar tengkuk (perbatasan antara ruas tulang leher/cervical dengan ruas tulang dada/thorakal), leher terasa kaku selama beberapa hari dll. Jika rasa nyeri ini terus berlanjut tanpa ada tindakan pengobatan/terapi atau bahkan sudah berobat ke tenaga medis/para medis tapi nyeri tetap tidak berkurang, maka rasa nyeri itu akan semakin bertambah sehingga pasien akan membatasi gerakan lengan/bahu untuk menghindari nyeri tersebut dan terjadilah gerakan sendi bahu yang terbatas oleh karena rasa nyeri, jika keterbatasan gerakan yang semula disebabkan adanya rasa nyeri ini berlanjut maka pada akhirnya sendi tersebut akan terbatas permanen dikarenakan jaringan lunak (otot, kapsul sendi, ligamen) di sekitar sendi mengalami pemendekan (kontraktur) sehingga terjadilah Kaku Bahu/Frozen Shoulder
     Permulaan rasa nyeri pada bahu ini bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya karena adanya masalah di tulang belakang daerah leher/cervical atau tulang dada/thorakal yang biasanya disebut locking/sendi yang mengunci, bisa juga karena ada riwayat operasi pada sekitar bahu  (patah tulang selangka/clavicula, patah tulang lengan atas/humerus, patah tulang belikat/scapula, sendi meleset/dislokasi, cidera otot, cidera ligamen, cidera tendon dll. Jika semua itu terjadi maka sendi bahu pasti akan diistirahatkan (menggunakan arm sling/gendongan tangan, taping/plester, gips) selama beberapa saat guna menunggu proses penyembuhan patah tulang atau robek otot/ligamen/tendon. Selama proses pemulihan pasca operas tersebut terjadilah kondisi adaptasi dari sendi bahu sehingga saat proses penyembuhan sudah selesai dan pasien sudah diperbolehkan menggerakkan bahu maka pasti akan terjadi keterbatasan pada sendi bahu itu.
     Pada kesempatan kali ini akan ditampilkan kondisi awal nyeri bahu yang disebabkan karena faktor kuncian sendi/locking pada tulang belakang ruas leher/cervical dan ruas dada/thorakal sebelum terjadi Kaku Bahu/Frozen Shoulder. Jika dirasakan ada nyeri gerak maupun nyeri diam pada daerah sekitar bahu coba lakukan langkah sbb : 
  • Posisi duduk/berdiri
  • Kepala menunduk sampai dagu menyentuh dada dan kepala menoleh ke kanan/kiri lalu gerakkan lengan yang semula nyeri (misal nyeri saat bergerak membuka lengan/abduksi)
  • Kepala menengadah dan kepala menoleh ke kanan/kiri lalu gerakkan lengan yang semula nyeri (misal nyeri saat bergerak membuka lengan/abduksi)
  • Kepala ditekuk ke kiri/kanan lalu gerakkan lengan yang semula nyeri (misal nyeri saat bergerak membuka lengan/abduksi)
Jika minimal salah satu dari cara diatas menimbulkan rasa nyeri dibahu menjadi berkurang atau bahkan bertambah berarti nyeri bahu tersebut disebabkan adanya kuncian sendi/locking pada area leher dan tengkuk.
Sebagai langkah awal "tindakan darurat" untuk menolong rasa nyeri adalah dengan menggunakan kompres air hangat diletakkan pada daerah tengkuk dan leher selama 15-30 menit kemudian lakukan pemijatan pada otot samping kanan kiri leher menggunakan jempol mulai dari bawah leher menuju ke atas (arah kepala). Jika dengan cara ini nyeri bahu berkurang bukan berarti masalah sudah selesai tapi hanya meredakan saja ketegangan otot sekitar leher, langkah selanjutnya adalah segera hubungi Fisioterapis untuk mendapatkan tindakan terapi yang tepat sehingga Kaku Bahu/Frozen Shoulder  tidak terjadi.











Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support