Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Sunday 12 May 2019

Operasi Ganti Sendi Siku

TEA (Total Elbow Arthtroplasty)

Ganti sendi siku atau dalam bahasa medis disebut Total Elbow Arthroplasty (TEA) adalah jenis operasi yang bertujuan mengganti sendi siku yang sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi pemasangan pen atau jenis operasi yang lain. Biasanya operasi TEA ini dilakukan pada siku yang terkena tumor, infeksi berat, rematik sendi siku, patah tulang siku yang tulangnya hancur sehingga tidak mungkin untuk dilakukan operasi perbaikan (rekonstruksi).
Operasi TEA ini dilakukan pembiusan total (General Anaestesi) sehingga pasien tidak sadar penuh selama dilakukan operasi. Setelah selesai dari kamar operasi pasien akan dipindahkan ke kamar sadar sebelum dipindahkan ke bangsal rawat inap sesuai dengan kelasnya. Pasien dipindah ke bangsal rawat inap jika dinilai segala tanda vital (vital sign) sudah stabil. Tanda vital diantaranya adalah tensi, denyut nadi, respirasi/pernafasan, darah yang keluar dari sisa operasi (ada selang darah yang fungsinya mengalirkan darah sisa operasi)


Kondisi pasien di bangsal rawat inap

Setalah pasien sampai di bansal rawat inap maka akan dilakukan tindakan fisioterapi sesuai dengan standard masing-masing rumah sakit, biasanya fisioterapis akan datang secepat mungkin menemui pasien di bangsal rawat inap untuk memberikan penjelasan mengenai apa yang harus dilakukan oleh pasien dan keluarga pasien. Sisa obat bius akan berangsur hilang setelah 24 jam dari operasi dan untuk mempercepat proses pemulihan maka fisioterapi akan memberikan beberapa latihan gerakan terhadap sendi yang dioperasi.


Latihan di kamar rawat inap hari pertama

Latihan atau gerakan yang boleh dilakukan oleh pasien selama dirawat di rumah sakit adalah sebagai berikut :
  1. Menggerakkan jari tangan yang dioperasi (menggenggam dan membuka jari, menggerakkan pergelangan tangan ke segala arah)
  2. Menggerakkan sendi bahu ke segala arah dengan bantuan fisioterapis
  3. Menggerakkan siku yang dioperasi untuk menekuk dan meluruskan siku sesuai toleransi nyeri.
  4. Meskipun masih ada selang darah yang menempel pada sendi siku namun tetap aman untuk dilakukan gerakan pada sendi siku.

Latihan hari kedua setelah operasi

Hari kedua setelah operasi pasien akan diminta untuk mencoba dudu tegak baik dengan bantuan atau dengan mandiri, ini aman dilakukan karena tidak mempengaruhi hasil operasi sendi siku.
Sendi siku yang dioperasi boleh dilakukan gerakkan menekuk dan meluruskan sendi sesuai dengan toleransi nyeri. 
Jika pasien dalam kondisi yang normal (tidak ada hipertensi, tidak ada rasa pusing/mual, tidak ada perdarahan berlebihan pada siku) maka bisa dilanjutkan untuk duduk di tepi tempat tidur bahkan bolah sampai berdiri di samping tempat tidur.


Latihan hari ketiga setelah operasi

Pasien sudah mulai berjalan disekitar tempat tidur bahkan jika kondisi memungkinkan bisa sampai ke kamar mandi yang berada di dalam kamar pasien.
Latihan untuk sisi yang dioperasi (jari tangan, pergelangan tangan, sendi bahu bahkan sendi siku yang dioperasi) harus dilanjutkan setiap hari karena banyak pasien yang tidak tahu dan takut untuk menggerakkan sisi yang dioperasi pada akhirnya ada keterbatasan pada sendi-sendi tangan yang dioperasi. Gerakkan yang diajarkan olah fisioterapis selain untuk mencegah kaku sendi juga berfungsi untuk mengurangi bengkak yang terjadi pada jari tangan dan pergelangan tangan.

Pasien saat berjalan sangat dianjurkan untuk memakai penyangga berupa kain yang disediakan oleh pihak rumah sakit. Fungsi dari penyangga tangan ini diantaranya untuk melindungi sendi yang dioperasi agar tidak menggantung di sisi tubuh.
Pasien selama dalam fase pemulihan juga dianjurkan untuk menggunakan aktif tangannya untuk gerakkan fungsional yang ringan tanpa mengangkat beban, misalnya untuk mengancingkan baju, menyisir rambut, memegang sendok untuk makan, menggaruk badan, minum menggunakan gelas/botol dll.
Pasien bisa menggunakan tangan yang dioperasi untuk mengangkat benda jika sudah melakukan penguatan otot-otot sekitar siku yang akan di berikan latihannya oleh fisioterapis.

Demikian tulisan yang kami sajikan pada kesempatan kali ini. Silahkan kontak lewat telp/WA 081802500027 jika sekiranya ada pertanyaan. Insya Alloh kami bisa membantu. Terima kasih.








Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support