Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Monday 27 February 2017

Jari Tangan Terasa Kaku


    Kaku Pada Jari Tangan
       

        Jari-jari tangan memang salah satu organ tubuh kita yang penting terutama dalam melakukan aktifitas motorik halus yang memerlukan keterampilan misalnya menyulam, mengancingkan baju, menulis, melukis dll. Terkadang ada keluhan bahwa jari-jari tangan terasa kaku saat kita menggerakkannya seperti menggenggam padahal jika digunakan untuk menggenggam sesuatu sebenarnya bisa akan tetapi terasa ada yang menghambat. Kasus ini biasanya dirasakan makin bertambah saat bangun tidur pagi namun semakin lama akan makin berkurang rasa kaku tersebut, jika kondisi seperti ini sudah berlangsung lama maka jari tangan tidak akan bisa menggenggam dengan rapat bahkan tidak jarang akan tampak adanya bengkak pada jari-jari. 
     Memang penyebab jari kaku bisa karena banyak faktor diantaranya jari pernah cidera, pasca operasi sekitar pergelangan tangan, gula darah yang meningkat dll. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas jari kaku yang secara tiba-tiba dan tidak ada riwayat cidera sebelumnya. Jari kaku bisa dikarenakan oleh adanya masalah ditulang belakang bagian leher dan sekitarnya, masalah di leher biasa kita sebut kuncian (locking) pada ruas sendi tertentu, biasanya karena ada masalah di ruas leher ke 6-7 (VC6-7), ruas tulang belakang dada ruas ke1-2-3 (VTh 1-2-3). Untuk mengetahui secara singkat (quick test) lakukan  langkah sbb :
1. Ambil posisi tidur tengkurap lalu kedua lengan letakkan disamping tubuh, kepala menoleh ke samping kiri lalu gerakkan jari menggenggam dan membuka, lalu ganti menoleh ke kanan dan gerakkan jari menggenggam dan membuka.
2. Posisi duduk lalu kepala menunduk sambil menoleh ke kiri, lalu gerakkan jari menggenggam dan membuka, lalu ganti menoleh ke kanan dan gerakkan jari menggenggam dan membuka seperti pada gambar berikut :












       Jika dari salah satu gerakkan diatas ada rasa nyeri bertambah atau berkurang artinya tes tersebut positif dan ini berarti menunjukkan adanya masalah pada leher hingga menyebabkan rasa nyeri pada jari-jari tangan.
     Untuk pertolongan pertama lakukan langkah sbb : Misal jari tangan kiri terasa kaku maka pegang pundak kiri dengan tangan kanan lalu gerakkan bahu kiri ke arah belakang berulang-ulang lakukan beberapa kali lalu rasakan apakah saat itu ada perubahan dari kaku menjadi lebih rileks. Atau ambil posisi duduk, kepala menunduk sampai dagu menempel dada dan gerakkan leher menoleh ke kiri 3x, menoleh ke kanan 3x lalu rasakan apakah ada perubahan dari jari-jari tangan.
Langkah selanjutnya sebaiknya Anda segera konsultasi dengan fisioterapis terdekata atau bisa hubungi kami via telp/WA di 081802500027











  Supported by : www.3ksolo.blogspot.com

Share:

3 komentar:

  1. terimakasih sudah berbagi tips pertolongan pertama untuk jari kaku min, ayah saya sering kali mengeluhkan hal yang sama

    ReplyDelete
  2. Semoga bermanfaat dan bisa bermanfaat bagi yang lain

    ReplyDelete
  3. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support