Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Tuesday 14 February 2017

Nyeri Pinggang Saat Duduk ke Berdiri

 TULANG BELAKANG


     Tulang belakang (SPINE) adalah salah satu komponen/organ tubuh kita yang penting dalam aktifitas kehidupan kita sehari-hari sebab salah satu kegunaannya adalah sebagai alat penegak tubuh kita dalam segala posisi (diam maupun bergerak, berjalan maupun berlari, duduk maupun berdiri dll).
Seringkali ada masalah dengan tulang belakang (baik kita sadari ataupun tidak kita sadari) yang dapat menyebabkan adanya keluhan pada daerah itu sendiri atau tidak jarang dapat kita rasakan pada organ lain misal : Kaki, tangan, wajah, kepala, dada, perut dan bagian tubuh yang lainnya. Dalam blog ini akan disampaikan berbagai macam keluhan yang sering terjadi di masyarakat dimana banyak sekali kasus-kasus yang ditangani oleh petugas medis dan paramedis di rumah sakit akan tetapi perubahannya tidak sesuai dengan harapan pasien. Insya Alloh dengan hadirnya tulisan ini akan memberi informasi yang bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan.


Nyeri di pinggang saat pindah posisi dari duduk ke berdiri

Jika ada seseorang datang ke tenaga medis dengan keluhan sekitar pinggangnya sakit terutama untuk berpindahan posisi dari duduk ke berdiri maupun sebaliknya tapi terkadang untuk berjalan bahkan berlari sekalipun justru tidak ada masalah. Dia sudah mendatangi beberapa tempat pelayanan kesehatan (Puskesmas, klinik swasta, fisioterapis, dokter umum, dokter spesialis dll) tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan, tiap kali minum obat pasti nyeri hilang akan tetapi setelah obat habis maka beberapa saat nyeri kembali timbul bahkan semakin nyeri. Atau setelah berkali-kali mendatangi fisioterapis tapi setiap selesai terapi terasa ringan dan besok pagi atau lusa kembali nyeri. Atau ke dokter spesilis disuntik beberapa tempat di pinggang dan terasa enteng karena nyeri hilang tapi setelah efek obat habis maka nyeri kembali datang. Bahkan ada pasien yang datang ke apotek dan berkonsultasi dengan apoteker lalu diberi obat tapi hasilnya sama saja, setelah obat habis maka nyeri akan kembali datang. Apakah obatnya salah, terapinya salah, injeksinya yang salah atau mungkin pasiennya yang stress? Semua pertanyaan itu belum tentu benar atau belum tentu salah sebab jika suatu masalah jika tidak diketahui penyebabnya (diagnosa) maka pemberian obat atau jenis terapi apapun pasti tidak akan menyelesaikan masalah dengan tuntas. Karena nyeri itu sebenarnya adalah sinyal/alarm/tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh kita (inilah salah satu kehebatan dan bentuk kasih sayang Alloh SWT kepada manusia, Subhanallah). Sinyal/alarm tidak boleh begitu saja kita abaikan dan kita matikan dengan cara apapun (kecuali dalam keadaan darurat) tapi harus kita cari penyebabnya kenapa sampai alarm tubuh kita "berbunyi". Disinilah letak seni mendiagnosa dalam dunia medis. Kalau hanya sekedar menghilangkan nyeri saya kira itu bukan pekerjaan yang sulit bagi seorang tenaga kesehatan yang terdidik dan terlatih serta terampil akan tetapi yang jauh lebih penting adalah menghilangkan penyebab nyeri tersebut maka rasa nyeri akan otomatis hilang dan tidak akan timbul kembali.
Sekarang akan kita coba bahas apa penyebab nyeri itu. Saat orang bergerak dari duduk ke berdiri atau sebaliknya maka tulang belakang pasti akan ikut bergerak sebagai komponen untuk memudahkan kita melakukan gerakan itu tapi sebenarnya bukan hanya tulang beakang saja yang bergerak tapi ada sendi yang disebut Sacrum Ilium Joint (SI Joint) (atau disebu sendi panggul) juga ikut bergerak meski gerakannya tidak sebesar/seleluasa gerakan dari sendi pinggang (kategori tulang belakang adalah dari leher/cervical sampai ke anus/dubur). Jika SI Joint mengalami masalah maka akan menyebabkan "alarm kita berbunyi" berupa NYERI. Jadi seharusnya di sendi inilah (sendi panggul) yang seharusnya "diperbaiki" dan setahu saya yang dapat berperan adalah seorang fisioterapis tapi sebelumnya fisioterapis itu harus mendiagnosa dengan benar, setelah diagnosanya benar maka tindakan terapinya juga harus benar baru akan tampak hasilnya yang cukup berbeda yaitu nyeri jauh berkurang atau jika sudah ahli maka nyeri akan spontan hilang saat itu juga. Setelah nyeri hilang maka harus dilakukan tindakan pencegahan berupa perbaikan kebiasaan kita sehari-hari (misal : cara mengangkat benda dengan posisi yang benar, cara duduk yang benar, memakai sepatu/alas kaki yang benar, melakukan beberapa gerakan senam untuk mencegah kembalinya sendi panggul cidera. Insya Alloh akan dibahas dalam kesempatan yang lain).

Cara mengetahui sendi panggul bermasalah

     Ambil posisi yang terasa nyeri (misal dari duduk ke berdiri terasa nyeri) dimulai dari duduk lalu letakkan kedua telapak tangan pada pinggul (seperti orang sedang kacak pinggang) sambil kedua telapak tangan ditekan pada pinggul  dilanjutkan gerakan berdiri, jika nyeri dirasakan berkurang atau hilang atau bahkan sebaliknya bertambah nyeri berarti kemungkinan besar ada masalah dengan sendi panggul (SI Joint) Anda. Jika ini tejadi maka sebaiknya segera datang ke fisioterapis yang cukup berkompeten dalam bidang tulang belakang untuk segera dilakukan tindakan terapi. Semakin dini dilakukan tindakan terapi yang benar maka hasilnya akan semakin baik dan semakin cepat tertolong bahkan jika fisioterapis sudah cukup ahli maka tidak menutup kemungkinan sekali terapi sudah hilang nyeri tersebut. Sekedar informasi bahwa setiap fisioterapis mempunyai spesialis tersendiri misalnya spesialis tumbuh kembang anak (pediatri), spesialis cidera oah raga (sport injury), spesialis jantung dan paru (cardio pulmonal), spesialis tulang belakang (vertebrae/spine), spesialis orang tua (geriatri), spesialis koreksi postur, dan masih banyak lagi bahkan di Eropa sudah mulai berkembang fisioterapis spesialis hewan (kuda pacuan, anjing pacuan)  










 Supported by : www.3ksolo.blogspot.com

Share:

2 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support