Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Sunday 12 March 2017

Tumit Nyeri

   
Ada keluhan yang kadang dirasakan oleh sebagian orang yaitu nyeri ditumit tanpa sebab meskipun sebelumnya tidak ingat ada kejadian apa sebelumnya, tiba-tiba saat bangun tidur sudah ada rasa nyeri ditumit. Jika menurut diagnosa medis akan disebutkan adanya peradangan pada telapak kaki yang disebut fasciitis plantaris dan pada foto rontgen tidak diketemukan apapun pada tulang tumit (calcaneus), jika kondisi ini dibiarkan atau tidak dilakukan penanganan dengan tepat maka selanjutnya adalah terjadi proses tumbuhnya tulang baru (dalam foto rontgen) pada tumit seperti taji ayam (jalu) maka disebut calcaneus spur
     Kondisi diatas juga banyak terjadi di masyarakat tapi pada awalnya sekedar timbul lalu hilang dengan sendirinya meski tanpa diobati tapi suatu saat akan muncul nyeri lagi dan tidak hilang setelah beberapa saat. Jika sudah terjadi nyeri yang menetap maka baru mendatangi petugas medis (dokter, fisioterapi dll) dan biasanya oleh dokter akan dianjurkan dan diberi surat pengantar untuk foto rontgen. Dalam tulisan saya kali ini akan membahas kondisi awal terjadi nyeri sehingga bisa dilakukan tindak lanjut agar kondisi tidak menjadi lebih parah. Sebenarnya kondisi nyeri itu ada kaitannya dengan tulang belakang khususnya pinggang ruas ke 5 (VL5-VS1). Untuk melakukan deteksi awal coba lakukan langkah berikut :
  1. Tidur tengkurap lalu minta orang lain untuk menekan menggunakan ibu jari pada pinggang didaerah sekitar kita memakai ikat pinggang dan ruas diatasnya → Jika ada perbedaan rasa waktu ditekan (lebih nyeri/tidak nyaman) antara ruas dibawah dan atasnya maka positif ada masalah dengan ruas pinggang yang menyebabkan nyeri pada tumit.
  2. Duduk dengan kaki lurus sambil badan sedikit condong ke belakang, gerakkan badan memutar ke kanan dan ke kiri (masing-masing 3x) seperti gambar A & B → Lalu gunakan kaki untuk berjalan jika rasa nyeri pada tumit menjadi berkurang atau bahkan bertambah nyeri berarti ada masalah dipinggang yang menyebabkan nyeri pada tumit.
  3. Berdiri tegak lalu letakkan kedua tangan pada pinggang (seperti berkacak pinggang) geser jempol kanan kiri ke arah tengah akan menemui tonjolan tulang (gambar C), tekan tulang tersebut lalu berjalan → Jika rasa nyeri pada tumit menjadi berkurang atau bahkan bertambah nyeri berarti ada masalah dipinggang yang menyebabkan nyeri pada tumit.
     Jika salah satu cara diatas menunjukkan hasil yang sesuai dengan apa yang ditulis berarti nyeri tumit yang Anda rasakan sebenarnya berasal dari tulang belakang pinggang ruas ke 5 (VL5-VS1). Cara mengantisipasi untuk sementara waktu adalah sebagai berikut :
  1. Lakukan gerakan dengan berbaring terlentang  salah satu lutut ditekuk (misal lutut kiri ditekuk dipegang oleh tangan kanan) lalu tarik ke arah tangan yang memegang, bergantian dengan lutut yang satunya (lutut kanan ditekuk dipegang oleh tangan kiri) seperti gambar D.
  2. Lakukan olah raga berenang
  3. Usahakan menggunakan alas kaki yang lunak
  4. Segera datangi fisioterapis Anda guna mendapat penanganan lebih lanjut agar kondisi tumit tidak menjadi lebih parah.
 


 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support