Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Wednesday 12 April 2017

Nyeri Siku Bagian Dalam (Golfer's elbow)

   
 Ada suatu keluhan yang dirasakan oleh sebagian pasien yaitu nyeri siku bagian dalam atau dalam bahasa medis adalah golfer's elbow atau siku pemain golf (karena bermain golf memerlukan gerakan dari otot siku untuk memukul bola) ini adalah kebalikan dari kondisi Tenis' elbow. Keluhan ini biasanya dirasakan tiba-tiba tanpa didahului oleh adanya riwayat trauma, benturan, cidera pada siku itu sendiri atau pasien lupa ada kejadian apa sebelumnya sehingga tiba-tiba siku sisi dalam terasa nyeri. Keluhan ini akan bertambah jika siku digunakan untuk melakukan gerakan yang memerlukan upaya menekuk siku misalnya mandi menggunakan gayung, menyuap makanan saat tangan mendekati mulut, gerakan menyisir rambut dll. 
     Sebenarnya kasus cidera ini lebih sering dialami oleh orang yang justru tidak pernah bermain golf  tapi kondisi seperti ini bisa terjadi pada atlet golf yang dominan menggunakan otot sekitar siku saat memukul bola. Kondisi seperti ini akan meningkat rasa nyeri jika saat bangun tidur atau bahkan bisa menyebabkan terbangun di malam hari karena rasa nyeri yang tajam. Keluhan ini pada awalnya akan terjadi secara bertahap atau bahkan nyeri yang tiba-tiba datang dan tiba-tiba hilang akan tetapi seiring berjalannya waktu maka rasa nyeri itu akan menetap bahkan cenderung makin meningkat sehingga menyebabkan gangguan dalam melakukan aktifitas sehari-hari (mandi, gosok gigi, menyisir rambut, menggaruk badan, menggunakan sendok untuk makan dll). 
     Memang banyak para ahli menyatakan bahwa kondisi ini adalah idiopatik atau belum diketahui penyebabnya karena memang kondisi ini terjadi secara tiba-tiba. Akan tetapi ada sebuah pendapat yang menyebutkan bahwa nyeri ini sebenarnya adalah bersifat nyeri rujukan yang berasal dari area sekitar tulang belakang bagian dada atau disebut Vertebrae Thorakal 1-2 (VTh 1-3). Di VTh 1-3 ada kuncian (locking) sendi yang menyebabkan syaraf yang mensyarafi siku mengalami penekanan sehingga menimbulkan rasa nyeri.
     Untuk mengetahui adanya penekanan atau bukan maka lakukan langkah-langkah berikut ini : 
  1. Misal siku nyeri jika digunakan untuk gerakan menyisir rambut
  2. Posisi duduk/berdiri
  3. Kepala/leher menunduk penuh sampai dagu menyentuh dada lalu lakukan gerakkan tangan seperti menyisir rambut (Seperti Gb 1)
  4. Kepala/leher menengadah lalu lakukan gerakkan tangan seperti menyisir rambut
  5. Kepala menoleh ke kanan/kiri lalu lakukan gerakkan tangan seperti menyisir rambut
  6. Leher ditarik ke sisi kiri (telinga kiri mendekat ke bahu kiri) atau ke kanan (telinga kanan mendekat ke bahu kanan lalu lakukan gerakkan tangan seperti menyisir rambut
Jika minimal salah satu dari cara diatas menyebabkan nyeri siku menjadi bertambah atau berkurang berarti penyebab nyeri siku Anda adalah dari tulang belakang dada ruas 1-3 (VTh1-3). Cara pertolongan pertama adalah sbb :
  1. Posisi duduk, kepala menunduk hingga dagu menyentuh dada lalu gerakkan leher ke kanan 3x bergantian ke kiri 3x
  2. Lakukan penekanan dengan jari pada daerah tengkuk (saat kita menunduk maka ada tulang disekitar leher yang paling menonjol) dengan gerakan dari bawah ke atas berulang-ulang. 
  3. Tidur tengkurap dan minta orang lain untuk menekan otot yang berada di sisi kanan kiri tulang belakang daerah antara tulang belikat (scapula) dengan gerakan melintang (ke kanan dan ke kiri) berulang-ulang
Langkah selanjutnya segera temui Fisioterapis Anda untuk dilakukan penanganan yang tepat agar cidera tidak bertambah parah. Bisa juga Anda hubungi 081802500027 untuk bertanya lebih lanjut.


Gambar 1





Supported by 3ksolo.blogspot.com

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support