Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Saturday 25 February 2017

Jempol Nyeri (de quervain's syndrome)

     Jempol Terasa Nyeri

        Kasus yang terjadi di masyarakat banyak yang terjadi di anggota gerak diantaranya jempol tangan tiba-tiba terasa nyeri jika digunakan untuk beraktifitas (mencuci baju, mengangkat gayung, mencuci piring, menulis dan masih banyak aktifitas lain yang melibatkan tangan). Biasanya kita tidak tahu apa yang telah terjadi sebelum merasakan nyeri pada jempol tangan karena rasa nyeri ini datang secara tiba-tiba tanpa didahului riwayat benturan/cidera, biasanya dirasakan bangun tidur tiba-tiba nyeri saat akan menggunakan tangan untuk membersihkan tempat tidur, wudhu dll. Nyeri seperti ini juga bisa hilang setelah beberapa saat tanpa ada tindakan pengobatan apapun tapi suatu saat juga akan muncul tapi tidak hilang meski sudah dilakukan pengobatan, seumpama hilang hanya bersifat sementara. Nyeri jempol ini akan semakin bertambah jika kita menggerakkan/mengangkat jempol keatas. Jika ini didiamkan maka akan ada rasa nyeri tiap saat meski jempol tidak digunakan beraktifitas bahkan tidak jarang terbangun ditengah malam karena rasa nyeri hebat. Dalam diagnosa medis disebut de quervain's syndrome.
     Memang penyebab nyeri pada jempol ini bisa bermacam-macam akan tetapi pada penulisan kali ini akan kita tunjukkan nyeri yang berkaitan dengan tulang belakang khususnya leher. Cara mengetahui apakah nyeri itu disebabkan dari leher atau bukan maka kita akan lakukan serangkaian tes untuk memastikannya. Lakukan langkah sbb :
1. Ambil posisi tidur tengkurap lalu kedua lengan letakkan disamping tubuh, kepala menoleh ke samping kiri lalu gerakkan jempol ke arah yang menyebabkan nyeri lalu ganti kepala menoleh ke kanan dan gerakkan juga jempol ke arah yang nyeri
2. Posisi duduk lalu kepala menunduk sambil menoleh ke kiri, gerakkan jempol ke arah yang menyebabkan nyeri lalu ganti kepala menoleh ke kanan dan gerakkan juga jempol ke arah yang nyeri

3. Posisi duduk lalu kepala melihat ke atas/ menengadah sambil menoleh ke kiri, gerakkan jempol ke arah yang menyebabkan nyeri lalu ganti kepala menoleh ke kanan dan gerakkan juga jempol ke arah yang nyeri
Jika dari salah satu gerakkan diatas ada rasa nyeri bertambah atau berkurang artinya tes tersebut positif dan ini berarti menunjukkan adanya masalah pada leher yang menyebabkan rasa nyeri pada jempol tangan. Sebab jika jempol itu nyeri karena disebabkan oleh jempol itu sendiri (misal karena terbentur) maka tidak akan ada pengaruhnya jika kita menggerakkan leher atau bagian tubuh yang lain.
     Sebagai pertolongan pertama jika terjadi nyeri hebat maka lakukan kompres air hangat pada daerah leher bawah (lower cervical) yang berbatasan dengan tulang belakang daerah dada (Vertebrae Thorakal) atau dalam bahasa medis kita sebut area VC6-7 dan VTh 1-2. Juga boleh dilakukan kompres dengan air hangat pada daerah jempol itu sendiri akan tetapi area leher juga harus dikompres. Langkah selanjutnya adalah menekan pangkal jempol yang nyeri dengan jari tangan yang satunya sambil melakukan gerakan jempol ke arah atas berulang-ulang.        
Jika nyeri yang Anda rasakan mengalami penurunan itu bukan berarti sudah sembuh tapi hanya pertolongan sementara saja untuk langkah lebih lanjut segera hubungi fisioterapis Anda. Atau bisa kontak kami via telp/WA di 081802500027.








 Supported by : www.3ksolo.blogspot.com







Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support