Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Thursday 16 February 2017

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Lutut

Nyeri Lutut

   
  Di masyarakat banyak orang mengeluh nyeri pada lutut secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Sebenarnya kasus ini tidak mengenal usia, jenis, kelamin, status sosial maupun berat badaan sebab tidak semua orang gemuk/obesitas mengalami masalah di lutut bahkan tidak jarang orang yang kurus juga mengalami masalah dengan lututnya.
     Dalam kasus ini tidak tertutup kemungkinan ada masalah juga dengan tulang belakang khususnya daerah pinggang. Memang seringkali pasien tidak merasakan ada masalah dengan pinggang tapi setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan maka akan ditemukan masalah di pinggang.
Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui apakah ada masalah dengan pinggang yang berkaitan dengan nyeri di lutut. Kita ambil suatu contoh nyeri lutut jika untuk berjalan maka dapat dilakukan test  yaitu dengan cara menekan bagian pinggang yang sejajar dengan ikat pinggang (jika saat kita memakai ikat pinggang) lalu kita coba berjalan seperti biasanya saat terasa nyeri di lutut jika test ini menghasilkan rasa sakit yang berkurang atau justru bertambah berarti nyeri di lutut itu disebabkan ada masalah dengan pinggang yang menjalar ke lutut atau dalam istilah fisioterapi disebut nyeri rujukan.
     Kalau memang hal ini terjadi maka sebaiknya segera hubungi Fisioterapis Anda karena jika nyeri seperti ini tidak segera ditangani dengan benar maka efeknya akan menjadi lebih nyeri dan pada akhirnya akan menjadi OA lutut (OA : Osteo Arthritis/ peradangan sendi) bahkan bisa menjadi penyebab terjadinya pengapuran/ osteofit.  Olahraga yang cocok jika sudah terjadi OA lutut adalah berenang atau bersepeda sebab ke dua jenis olahraga itu tidak mengandung pembebanan yang berlebihan pada sendi lutut.
     Jika mengalami nyeri lutut seperti diatas maka lakukan langkah berikut ini :
1. Pemakaian decker lutut  untuk sementara waktu juga membantu mengurangi nyeri tapi pemakaian decker lutut dipakai saat beraktifitas saja dan saat istirahat sebaiknya dilepas.
2.  Lakukan gerakan untuk memperbaiki kelenturan pinggang seperti gambar ini :



3. Lakukan gerakan mengayun lutut dengan cara duduk dikursi lalu tangan memegang tempurung lutut, saat lutut diayun naik maka jari tangan ikut menarik tempurung ke atas, saat lutut diayun turun maka telapak tangan ikut mendorong ke bawah, lakukan gerakan ini berulang-ulang seperti pada gambar





 4. Segera hubungi fisioterapis terdekat untuk penanganan lebih lanjut.
Kondisi nyeri lutut seperti ini jika tidak dilakukan penanganan dengan tepat maka akan terjadi penipisan tulang muda (cartilago) dan pada akhirnya terjadi OA (Osteo Arthritis) lutut atau lebih dikenal dengan rematik lutut sehingga dampak akhirnya adalah penggantian sendi lutut atau dikenal dengan TKR (Total Knee Replacement)
Olahraga yang dianjurkan untuk penderita nyeri lutut adalah berenang atau bersepeda.
Jika kesulitan menemukan fisioterapis yang cocok silahkan tinggalkan pesan maka akan kami bantu menyelesaikan masalah lutut Anda. Atau bisa kontak kami via telp/WA di 081802500027. Terima kasih.







Supported by : www.3ksolo.blogspot.com

Share:

2 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2Nt4N9P

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel saya ini. Saya akan mengunjungi web Anda.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support