Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Tuesday 28 February 2017

Nyeri Lutut Bagian Depan


    Setiap kita bergerak dalam kehidupan sehari-hari banyak melibatkan sendi-sendi di tubuh kita misalnya kita berjalan sudah pasti mulai dari kepala sampai ujung jari kaki pasti mempunyai peran tersendiri meskipun sering kali kita tidak menyadari, kita berpindah posisi dari duduk ke berdiri juga melibatkan banyak organ tubuh meski dengan porsi yang berbeda dibandingkan saat kita berjalan, bahkan saat kita dari posisi tidur terlentang berpindah ke miring janan maupun kiri maka banyak sendi/organ tubuh kita yang bergerak pula meski kita tidak menyadari, buktinya jika kita ada masalah dengan lutut (nyeri) maka jika kita dari terlentang pindah ke posisi miring kanan/kiri pasti lutut akan terasa nyeri juga ini menandakan bahwa lutut tidak diam saja saat perpindahan posisi itu.
     Tidak jarang kita dengar di sekitar kita baik itu sodara, tetangga, teman, anggota keluarga kita atau bahkan kita sendiri juga ada yang mengeluh nyeri lutut dibagian depan jika melakukan gerakan tertentu meskipun itu hanya gerakan ringan. Memang banyak faktor yang menyebabkan nyeri tersebut, bisa karena ligamen lutut yang cidera, bantalan sendi (meniscus) yang cidera, tulang lutut yang cidera atau bahkan karena ada masalah dipinggang yang menjalar sampai ke lutut. Tanda khas dari setiap cidera itu juga berbeda-beda. Pada kesempatan ini akan kita bicarakan nyeri lutut yang dikarenakan adanya masalah di tulang belakang khususnya pinggang (lumbal) yang menyebabkan nyeri lutut bagian depan. Saat kita berjalan kadang nyeri lutut bagian depan terasa tapi saat duduk nyeri tersebut hilang & nyeri itu akan bertambah jika kita menaiki tangga ataupun menuruni tangga. Pada awalya terasa nyeri yang ringan tapi makin lama nyeri bertambah hebat seiring berjalannya waktu. Nyeri itu juga makin bertambah saat kita duduk dilantai sambil melipat lutut seperti orang sholat.Untuk mengetahui penyebabnya coba lakukan cara sbb :
1. Gunakan korset pinggang lalu kita berjalan di tempat yang datar atau gunakan untuk menaiki tangga/menuruni apakah nyeri lutut berkurang atau bertambah
2. Letakkan ke-2 tangan dipinggang lalu geser perlahan ibu jari menuju bagian tengah dari pinggang akan ada tonjolan tulang ditempat itu, tekan tonjolan itu dengan ke dua ibu jari lalu kita berjalan di tempat yang datar atau gunakan untuk menaiki tangga/menuruni apakah nyeri lutut berkurang atau bertambah
3. Duduk dengan dua kaki (selonjor) lurus  lalu gerakkan pinggang ke kanan dan kiri setelah lalu berjalan di tempat yang datar atau gunakan untuk menaiki tangga/menuruni apakah nyeri lutut berkurang atau bertambah

     Jika dari salah satu cara diatas menim.bulkan nyeri lutut menjadi bertambah atau berkurang maka hasilnya dipastikan nyeri lutut Anda disebabkan karena ada masalah di pinggang
     Langkah pertama untuk mengantisipasi adalah :
1. Berenang untuk mencegah bertambah parahnya kondisi,
2. Memakai korset khusus pinggang (bisa beli di apotik atau toko alat kesehatan terdekat) jika pada test no 1 Anda mengalami nyeri yang menurun saat memakai korset.
3. Lakukan senam seperti pada gambar berikut ini secara berulang-ulang :

     Semua cara diatas hanyalah sebagai langkah pertolongan pertama pada nyeri lutut, langkah selanjutnya sebaiknya segera konsultasi dengan fisioterapis Anda guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semakin cepat dan benar penanganannya maka hasil yang di dapat juga akan lebih baik dan waktunya lebih singkat.
Bisa kontak kami melalui telp/WA di 081802500027 jika ada pertanyaan yang berhubungan dengan artikel kami ini. Terima kasih. 






 Supported by : www.3ksolo.blogspot.com

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support