Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Monday 20 February 2017

Mengatasi Sakit Punggung Karena Laptop

LAPTOP VS NYERI PUNGGUNG



     Pada era digital seperti sekarang ini banyak masyarakat yang menapaki dunia maya meski hanya sekedar untuk game online, ngobrol lewat medsos atau bahkan menggunakan dunia maya sebagai mata pencaharian, untuk itu semua biasanya menggunakan smartphone, laptop maupun komputer PC. Selama kita masih asyik dengan dunia maya maka mayoritas akan betah berada di depan laptop, smartphone ataupun PC computer selama berjam-jam sehingga banyak yang kurang memperhatikan masalah kesehatan seperti makan kurang teratur, jadwal tidur menjadi berubah atau bahkan sampai lupa beribadah wajib sehingga semua jadwal yang semula teratur menjadi kacau dikarenakan kita terlalu asyik dengan peralatan-peralatan itu. Salah satu contoh efek negatif dari penggunaan laptop selain mata menjadi lelah adalah seringkali orang mengeluh adanya rasa tidak nyaman pada punggung, biasanya diawali dari daerah sekitar leher/tengkuk kemudian rasa mudah capek pada area sekitar tulang belikat/punggung dan jika masih berlanjut maka akan ada rasa nyeri/pegal mulai dari leher sampai ke pinggang. Keluhan itu pada awalnya terjadi hilang timbul namun lambat laun menjadi permanen/menetap, jika sudah terjadi keluhan yang menetap maka kita tidak akan tahan lama duduk di depan laptop maupun komputer karena rasa mudah capek atau bahkan jika lebih parah ada rasa nyeri bahkan sampai kesemutan pada kaki dan jari tangan. Jika kondisi seperti ini baru kita meminta bantuan orang lain untuk dipijat, dikerok, minum obat-obatan bebas atau bisa juga ke tenaga medis terdekat (dokter, mantri, fisioterapis dll).

     Kenapa laptop atau komputer bisa menyebabkan semua itu terjadi? Sebenarnya bukan masalah laptop atau komputer yang menjadi penyebab secara langsung akan tetapi posisi kita saat berada di depan laptop/komputer yang menjadi penyebabnya. Sering kali kita duduk lesehan sambil menghadap laptop berjam-jam dengan posisi laptop berada di lantai atau berada pada pangkuan kita. Jika posisi ini berlangsung terus menerus maka perhatikan posisi punggung kita akan terlihat melengkung ke depan seperti posisi orang membungkuk, jika posisi ini diperhatikan maka  sebenarnya otot-otot punggung bukan terulur akan tetapi justru bekerja menahan posisi badan kita agar tidak terjatuh sehingga terjadilah otot yang bekerja bersifat isometrik yaitu otot yang bekerja tapi dalam kondisi diam. Atau kita menggunakan laptop tapi dengan posisi tengkurap sehingga pinggang melengkung seperti busur dan ini juga bisa menyebabkan nyeri pinggang dengan jenis cidera yang berbeda dikarenakan adanya penekanan pada ruas pinggang. Atau bisa juga dengan posisi tengkurap akan menyebabkan dada terasa nyeri, nafas seperti tidak longgar saat menarik nafas dalam atau jika sudah lebih parah akan ada rasa nafas tersenggal-senggal sebab tiap kali tarik nafas ada rasa tidak nyaman (nyeri) pada dada bagian depan tembus sampai belakang bahkan kadang dikira jantungnya bermasalah.

SOLUSI
     Jika semua itu sudah terjadi maka langkah yang harus segera dilakukan adalah berpindah menggunakan komputer PC atau tetap menggunakan laptop akan tetapi mengganti posisi Anda saat menggunakannya yaitu laptop diletakkan di meja sehingga letak papan keyboard setinggi antara pusar dan uluhati, sebaiknya punggung bersandar di sandaran kursi atau kalau kita lesehan sebaiknya bersandar pada dinding dan laptop berada di meja pendek setinggi antara uluhati dan pusar.

Jika hal diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah :
1. Penguluran otot-otot punggung dengan melawan arah kebiasaan Anda sebelumnya, misal Anda terbiasa tengkurap maka lakukan gerakan seperti orang bersujud yang fungsinya menarik otot-otot punggung agar terulur ke arah yang berlawanan, jika Anda terbiasa membungkuk maka lakukan gerakan seperti membusungkan dada guna melawan arah otot-otot yang semula bekerja menahan tubuh karena posisi membungkuk. Gerakan ini tidak dilakukan sekali atau dua kali akan tetapi sesering mungkin dengan harapan otot-otot punggung menjadi seimbang melawan arah kebiasaan Anda.

2. Lakukan gerakan selanjutnya dengan posisi merangkak lalu punggung digerakkan naik turun secara bergantian seperti pada gambar :


3. Lakukan gerakan yang berlawanan dengan kebiasaan membungkuk yaitu diawali dengan posisi tengkurap lalu gunakan kedua siku untuk menyangga tubuh sehingga posisi badan menjadi seperti pada foto berikut ini :


Lakukan cara ini berulang-ulang dan bisa dilakukan dimanapun (di lantai, di tempat tidur, dirumah, di musholla, dll)

4.  Lakukan olah raga secara teratur misal berenang, badminton, tenis, sepeda, aerobik dll. Sebaiknya hindari dulu olah raga yang bersifat mengangkat beban (fitness) tapi jika sudah sembuh boleh melakukan olah raga apapun.    
     Jika dengan langkah awal ini keluhan Anda berkurang atau bahkan hilang berarti sudah selesai masalah Anda akan tetapi jika masih ada rasa tidak nyaman sebaiknya segera konsultasi dengan fisioterapis Anda. Bisa juga kontak kami melalui telp/WA di 081802500027

     Demikian tips dari saya kali ini. Akan kami sampaikan cara-cara yang lain di kesempatan berikutnya. Terima kasih.














Supported by : www.3ksolo.blogspot.com

Share:

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support