Blog kesehatan berisi segala sesuatu yang berkaitan kondisi yang disebabkan dari tulang belakang dan kasus pasca operasi tulang yang sering terjadi.

Friday 24 February 2017

Latihan Setelah Operasi ACL/PCL

     Penulisan kali ini akan kita bahas mengenai jenis latihan yang dilakukan setelah menjalani operasi ligamen ACL (Anterior Cruciate Ligamament)/PCL (Posterior Cruciate Ligament) (Ligamen lutut). Ligamen adalah salah satu jaringan lunak/soft tissue yang terdapat pada sendi tubuh manusia. Banyak kejadian yang bisa menyebabkan cidera pada ligamen diantaranyan kecelakaan lalu lintas, olah raga, terjatuh dilingkungan kita. Pada kesempatan ini akan saya bahas jenis operasi pada sendi lutut yang diakibatkan oleh putusnya ligamen ACL/PCL. Jika ligamen ACL/PCL putus (ruptur) maka tindakan yang harus dilakukan sebaiknya adalah operasi karena dengan dilakukan operasi maka ligamen dapat tersambung kembali dengan sempurna sehingga proses pemulihan (rehabilitasi) akan menjadi lebih baik apalagi jika yang mengalami cidera ini adalah seorang yang berprofesi sebagai atlet maka kegunaan kedua tungkai akan menjadi sangat penting dalam menunjang performa dilapangan. 
   
  Dokter dalam melakukan tindakan operasi biasanya akan diberikan alat pelindung pada tungkai yang dilakukan operasi berupa penambahan gips separo (knee slab) pada lutut. Setelah selesai operasi pasien dipindahkan ke bangsal rawat inap, pada hari ke-1 pasca operasi pasien belum diijinkan duduk tapi sudah diperbolehkan latihan diantaranya bridging (angkat pantat), gerakan aktif dari sendi yang tidak digips (jari, panggul), boleh miring kanan/kiri. Hari ke-2 pasca operasi (24jam pasca operasi) boleh duduk tegak. Latihan turun dari tempat tidur setelah pasien merasa mampu, bisa hari ke-2 maupun hari ke-3. Untuk latihan menekuk lutut ada dokter yang berpendapat secepatnya setelah mampu duduk dengan melepas gips dan setelah selesai latihan gips dipasang kembali akan tetapi ada juga dokter yang mengharuskan menunggu setelah lepas gips tersebut sekitar 21 hari (3 minggu) pasca operasi. Semua itu benar karena tergantung dari tekhnik yang digunakan masing-masing dokter.


     Latihan awal tekuk lutut dilakukan dengan cara duduk di tepi bed (ongkang-ongkang/high sitting) dimulai dari lutut lurus kemudian perlahan diturunkan sesuai toleransi nyeri, kondisi otot paha harus rileks/santai sehingga gravitasi bumi yang menarik lutut ke bawah membentuk sudut 90 derajat seperti pada foto berikut ini






Jika sudah mampu duduk dengan lutut 90 derajat selanjutnya dilakukan latihan sambil tengkurap dan pergelangan kaki diikat dengan kain lalu ditarik oleh pasien sendiri seperti pada foto berikut ini :
Untuk mengetahui latihan selengkapnya silahkan klik disini

     Biasanya setelah beberapa hari dari operasi maka akan timbul keluhan berupa pinggang sering pegal, ada rasa kesemutan pada kaki, ada rasa tertarik dari pantat sampai ke betis. Semua keluhan itu berasal dari pinggang yang beberapa hari tidak bergerak sesuai dengan fungsinya (tidak berfungsi fisiologis) sehingga otot-otot sekitar pinggang menjadi berkurang kelenturannya. Jika ini terjadi maka segera lakukan gerakan berupa memutar tubuh atas dengan posisi duduk kedua kaki lurus ke depan lalu putar pinggang ke kiri dan ke kanan secara bergantian, lakukan pula gerakan memutar pinggang dengan posisi berbaring terlentang lalu putar kaki bergantian kanan dan kiri. Semua gerakan ini aman dilakukan dan tidak akan mempengaruhi hasil operasi. Seperti pada gambar berikut ini :









Kasus cidera ini banyak terjadi pada atlet bola sebut saja Radamel Falcao ( AS Monaco), Diego Costa (Chelsea FC), Yunet Hardianto Wibowo (eks PERSIS Solo) dan masih banyak lagi. Mereka semua dilakukan operasi ligamen ACL/PCL dan masih bisa merumput dengan performa yang bagus. Semua itu tergantung dari kemampuan dokter yang mengoperasi, proses rehabilitasi yang dilakukan oleh fisioterapis, dan kesungguhan pasien dalam melaksanakan program rehabilitasi. Intinya penguatan otot-otot penyangga lutut harus kuat, otot-otot postural (otot-otot penyangga tulang belakang) juga harus kuat karena fungsinya juga vital dalam menyangga tulang belakang saat kita beraktifitas apapun. Seolah-olah tidak ada kaitannya antara lutut dengan punggung akan tetapi banyak kaitannya karena tiap kita berjalan/berlari maka pasti ada gerakan pinggang/punggung yang juga ikut bergerak, kita berpindah posisi dari duduk ke berdiri maka pinggang juga akan ikut bergerak. Tidak ada salahnya pada fase pemulihan pasca operasi ligamen ACL/PCL kita lakukan olahraga berenang. maupun bersepeda.
Untuk tindakan terapi lebih lanjut sebaiknya Anda konsultasikan dengan Fisioterapis atau bisa juga kontak kami via Telp/WA di 081802500027. Terima kasih
















Share:

4 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. kalau menurut saya sih, coba suplemen Nature’s Own Odourless Fish Oil, soalnya memang vitaminnya bisa ngurangi sakit, pencegahan juga dan hasilnya sendinya kuat coba liat disini https://suntikorine.com/vitamin-kesehatan-persendian-jantung-otak-natures-own-odourless-fish-oil-1000mg/

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel saya.
    Menurut ilmu yang saya pelajari maka lebih baik menghilangkan penyebab nyeri dari pada menghilangkan nyeri. Artikel yang saya tulis ini adalah cara/usaha kita untuk menghilangkan penyebab nyeri.

    ReplyDelete
  4. Mas sya baru saja selesai operasi 4 hr lalu, nyeri memang masih sy rasakan karna masih ada luka jahitan dan luka tulang dibor saat operasi, namun brp lama nyeri ini hilng? Dan kapan kaki kira2 dapat mengangkat sendiri? Karna di paksa pun tidk bisa2 jg

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Definition List

Contact

Pages

Support